Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Vlookup

Kali ini kita akan membahas cara menggunakan vlookup yaitu untuk menampilkan, mencari nilai pada sel mana pun sesuai dengan kategori yang akan dicari.

Pengertian VLOOKUP 

VLOOKUP adalah fungsi pada Excel yang digunakan seseorang untuk melakukan pencarian nilai dari suatu range / table referensi.

VLOOKUP sangat populer digunakan sejak versi awal sampai saat ini.  Sesuai namanya, VLOOKUP digunakan untuk mencari data pada baris demi baris (vertikal) pada tabel(horizontal) referensi.

Table_array adalah tabel referensi/ informasi, tabel ini dapat berupa range, atau nama range.

col_index_num adalah nomor kolom pada tabel refeensi  yang akan dikembalikan atau di hasilkan . Jika col_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilkan/dikembalikan berada pada kolom pertama pada tabel referensi;  Jika col_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dikembalikan/dihasilkan berada pada kolom kedua pada tabel referensi; demikian seterusnya.

Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Vlookup

Misalnya di ms excel kalian memiliki daftar data mahasiswa terlalu banyak. Saat melakukan pencarian data para mahasiswa tersebut dipastikan akan membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika proses pencariannya satu persatu. Untuk mempermudah pencarian tersebut, anda bisa menggunakan rumus VLOOKUP.

Seperti contoh cara menggunakan vlookup. Tahap pertama, buatlah tabel dengan nama kolom sesuai dengan kebutuhan. Kemudian masukkan rumus vlookup dengan keterangan sebagai berikut.

Keterangan Fungsi Rumus VLOOKUP:

  • lookup_value

Adalah nilai yang dicari pada kolom pertama rentang atau tabel dengan Argumen lookup_value bisa berbentuk referensi atau satu nilai. Apabila nilai yang diberikan untuk perintah lookup_value lebih kecil dibandingkan nilai terkecil pada kolom pertama perintah table_array, VLOOKUP memunculkan nilai kesalahan #N/A.

  • table_array

Adalah rentang sel yang berisi suatu data. Kalian bisa menggunakannya ke 1 rentang (misalnya, A2:C11. Nilai-nilai pada kolom pertama di table_array yakni nilai yang sedang dicari oleh perintah lookup_value. Biasanya nilai ini berupa angka, teks, atau nilai logika.

  • col_index_num

Adalah nomor kolom dalam perintah table_array yang berasal dari nilai yang sesuai harus kalian kembalikan. Perintah col_index_num 1 akan mengembalikan nilai pada kolom pertama di dalam table_array dan col_index_num 2 akan mengembalikan nilai pada kolom kedua di dalam table_array.

Cara Menggunakan HlookupDan Vlookup

Rumus Fungsi VLOOKUP dipakai untuk menampilkan suatu data sebuah tabel yang kemudian disusun di dalam format secara vertikal. Penulisan fungsi Vlookup yaitu :

=VLOOKUP(lookup_value,col_index_num, tabel_array) atau

=VLOOKUP(letak table, Nilai Kunci, nomor pada kolom).

Sementara rumus fungsi HLOOKUP bisa digunakan guna menampilkan suatu data pada sebuah tabel yang formatnya disusun secara horizontal.

Penulisan fungsi hlookup yaitu

=HLOOKUP(lookup_value,row_index_num, tabel_array) atau

=HLOOKUP(letak table,nilai kunci, nomor baris).

Demikianlah artikel tentang cara menggunakan vlookup, semoga artikel ini dapat menjadi wawasan bagi para pembacanya, terima kasih dan selamat mencoba, Baca artikel kami lainnya mengenai kelebihan dan kekurangan root ponsel android.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *