5 Cara Sederhana Agar Tak Kecanduan Smartphone

Kehadiran smartphone tak hanya mempermudah kehidupan masyarakat modern, namun turut membawa dampak buruk bagi si pengguna. Kini smartphone tak hanya dipakai untuk mengerjakan aplikasi perkantoran, entah itu menulis dokumen di word, buka dan balas email.

Seiring majunya perkembangan teknologi, smartphone menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan dipergunakan untuk beragam aktivitas yang berkaitan dengan hiburan, pekerjaan serta pengetahuan. Masyarakat modern memakai smartphone untuk berinteraksi via jejaring sosial, bermain game, dengar musik, menonton film, browsing dan sebagainya.

Saking ketergantungan terhadap smartphone, si pengguna akan sulit melepaskan tangannya dari gadget ini. Penggunaan yang melebihi batas menyebabkan kecanduan yang bisa sulit disembuhkan. Oleh karena itu, si pengguna wajib menyusun kebijakan dan mengatur waktu supaya tidak sering memakai perangkat canggih ini.

Bahayakah efek dari kecanduan smartphone? Menurut hasil riset tim psikolog dari University of Derby, kecanduan ini bisa mempengaruhi perkembangan psikologi si pengguna dan bila terus digunakan, maka resiko kecanduan semakin memburuk.

Hasil riset tersebut mengatakan, kehadiran situs atau aplikasi jejaring sosial turut mempengaruhi penggunaan smartphone secara berlebihan. Seorang psikolog bernama Dr. Deepika Chopra mengatakan, terlalu banyak menginstal aplikasi jejaring sosial di smartphone akan menyita lebih banyak waktu si pengguna.

Kecanduan smartphone tak hanya merusak psikologi karakter, namun mempengaruhi kehidupan sosial baik itu di lingkungan tempat tinggal, sekolah hingga kantor. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Lepi.web.id telah merangkum lima cara sederhana untuk menghindari kecanduan smartphone. Apa saja?

Orang-orang kecanduan smartphone

Orang-orang kecanduan smartphone

1. Hindari Sebagai Alarm

Smartphone dilengkapi beragam fitur sederhana yang berguna bagi kehidupan si pengguna, salah satunya adalah alarm yang bisa digunakan sebagai pengganti jam weker. Akan tetapi memakai smartphone sebagai alarm untuk bangun tidur dirasa kurang tepat. Mengapa?

Ada kecenderungan yang membuat si pengguna semakin betah berlama-lama di tempat tidur. Usai terbangun oleh suara alarm dari smartphone, si pengguna tak langsung beranjak dari kasur melainkan mengecek semua notifikasi pesan bahkan browsing atau main game.

Oleh karena itu, batasi penggunaan smartphone dan jangan pakai sebagai alarm. Lebih baik menggunakan jam weker untuk membangunkan tidur di pagi hari.

2. Jam Bebas Smartphone

Supaya tidak ketergantungan smartphone ketika sedang berada di kamar tidur, kamar mandi hingga meja makan, sebaiknya menetapkan aturan ‘bebas smartphone’. Buatlah peraturan dimana tangan bebas dari genggaman ponsel kesayangan dan tidak melakukan interaksi apa pun. Bagaimana caranya?

Cukup manfaatkan Airplane Mode yang ada di smartphone. Dengan begitu, segala aktivitas yang berhubungan dengan sosial media dan internet tidak bisa digunakan sementara waktu. Cara ini efektif meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

3. Aplikasi reminder

Pengguna terkadang tak menyadari jumlah waktu yang terpakai dalam sehari di depan layar smartphone. Agar terhindar dari kecanduan akut, sebaiknya menginstal aplikasi reminder sebagai pengingat untuk tidak berinteraksi terlalu lama dengan smartphone kesayangan.

Pengguna smartphone Android bisa menggunakan aplikasi ‘QualityTime’ sedangkan pemilik Apple iPhone bisa menginstal ‘Moment’. Keduanya akan memonitor waktu pemakaian dan menginfokan berapa jam jumlah penggunaan smartphone. Aplikasi ini wajib terpasang dan sangat direkomendasikan!

4. Matikan notifikasi

Cara mudah terhindar dari kecanduan smartphone yaitu mematikan semua notifikasi, terutama aplikasi jejaring sosial. Biasanya, notifikasi paling mengganggu berasal dari jejaring sosial yang membuat tangan semakin gatal untuk membuka aplikasi tersebut. Matikan semua notifikasi untuk sementara waktu sehingga bisa lebih fokus menangani pekerjaan dan selesai lebih cepat.

5. Matikan smartphone

Tak ada salahnya mematikan smartphone untuk sementara waktu, terutama di jam-jam sibuk. Beberapa perkantoran menerapkan cara ini agar pegawainya lebih fokus saat bekerja, dan bisa juga diterapkan ketika sudah sampai di rumah terutama memasuki jam untuk tidur malam.

No Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *